Kelebihan Gentoo Linux, Sebagai Software OS Linux Yang Mulai Dilupakan

Kelebihan Gentoo Linux, Sebagai Software OS Linux Yang Mulai Dilupakan

Kelebihan Gentoo Linux, Sebagai Software OS Linux Yang Mulai Dilupakan – Apa itu Gentoo Linux? Sistem operasi gratis berbasis Linux. Ini adalah sistem operasi gratis berbasis Linux atau FreeBSD yang dapat dioptimalkan dan disesuaikan secara otomatis untuk hampir semua ulititas yang bisa dimanfaatkan dari suatu aplikasi distro Linux.

Gentoo Linux juga merupakan distro Linux yang serba guna dan cepat, sepenuhnya gratis yang ditujukan untuk jaringan pengembang dan profesional. Tidak seperti distro lain, Gentoo Linux memiliki sistem manajemen paket canggih yang disebut Portage. Portage adalah sistem port yang sebenarnya ada dalam tradisi port BSD, tetapi berbasis Python dan menggunakan sejumlah fitur canggih termasuk dependensi, manajemen paket ter peras dengan bagus, instalasi “palsu” (gaya OpenBSD), pemasangan yang aman, profil sistem, paket virtual, manajemen file konfigurasi, dan banyak lagi.

Dari apa yang telah dijelaskan, beberapa fitur yang ditawarkan oleh Gentoo Linux membuat:

  1. Pengembangan menjadi mudah
  2. Kompilasi silang menjadi mudah
  3. Performa menjadi tinggi

Belajar sumber di Gentoo sangat mudah, karena paketan dari sumber yang bisa dilihat dan dibaca. Sehingga siapapun bisa memutuskan fitur mana yang ingin di bangun dan yang tidak diperlukan. Artinya pengguna dapat memilih opsi pembuatan, pengoptimalan, dan hal-hal unik apa pun yang ingin modifikasi. Dengan distribusi biner hal ini jelas tidak mungkin.

Emerge portage sangat kuat. Portage adalah sistem manajemen paket dengan sejumlah besar opsi dan fitur.

Bagus untuk siapa saja yang serius mempelajari seluk-beluk Linux. Gentoo bagus untuk pemula dan menjanjikan untuk para profesional. Untuk instalasi, Gentoo menawarkan berbagai tipe, yang disebut sebagai tahapan. Pada dasarnya berarti seberapa dalam seseorang ingin masuk ke proses instalasi. Bagi para pemula, jangan sampai salah memilih distro pada awal penggunaan linux, karena berbagai tahapannya bisa sangat memakan waktu, dalam hal ini Gentoo bisa dimanfaatkan untuk mempelajari komposisi Linux secara umum. Kemudahan lainnya.

• Sistem init default Gentoo adalah OpenRC. Gentoo juga secara resmi mendukung Gnome dan udev bebas systemd. Pengguna bebas memilih sistem init yang mereka inginkan.
• Ada banyak arsitektur yang tersedia untuk Gentoo: i386, x86-64, PowerPC, PowerPC 64, sparc, DEC Alpha, ARM, MIPS, PA-RISC, S390, IA-64, sh, m68k.
• Dukungan pada sistem. Dokumentasi dan komunitas tidak ada duanya Menyediakan seluruh buku pegangan untuk referensi selama pengaturan dan penggunaan.
• Penggunaan fitur-fitur canggih seperti flag USE membuatnya lebih dapat dikustomisasi daripada distribusi biner apa pun.
• Dapat dengan dioptimalkan ke CPU dengan menggunakan flag kompilasi yang tepat Karena semua yang sedang dibangun di PC, dapat menyempurnakan kode untuk menggunakan CP.
• Koleksi perangkat lunak yang tersedia sangat besar. Ada lebih dari 19.000 paket yang tersedia di repositori resmi. Dan lebih banyak lagi dengan overlay.
• Kebebasan, pada Gentoo bebas melakukan apa pun yang inginkan dengannya. Hasilnya, konfigurasinya mencerminkan selera dan kepribadian unik para user.

Gentoo adalah distribusi yang bagus saat dirilis pertamakali pada Juli 2000. Tidak ada distribusi dengan installer yang mudah digunakan pada saat itu. Saat ini, semua distribusi memiliki installer yang sangat mudah digunakan, manajer paket yang ramah, dan setup yang sudah dikonfigurasikan yang berfungsi dengan baik. Jika Anda adalah penggemar yang sangat tertarik pada teknologi yang ingin mempelajari bagaimana Linux dibangun dan dikonfigurasikan, maka Gentoo layak dipertimbangkan dan dipelajari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Share via
Copy link
Powered by Social Snap