Software OS Linux, Mint Vs Zorin Siapa Terbaik

Software OS Linux, Mint Vs Zorin Siapa Terbaik

Software OS Linux, Mint Vs Zorin Siapa Terbaik – Perlu diakui bahwa beberapa distro linux secara khusus menargetkan pengguna Linux baru dan kasual, di antara mereka adalah, Linux Mint dan Zorin OS dan pada tulisan ini kita akan membandingkannya, mana yang terbaik bagi pengguna baru linux, atau mereka yang masih membuat KTP sebagai warga negara linux.

Kedua distro ini telah punya reputasi yang bagus di komunitas masing-masing, sampai di titik kultus karena menjadi dua distro yang paling ramah pengguna baru. Keduanya menggunakan Ubuntu sebagai intinya. Dengan demikian, keduanya menawarkan fungsionalitas serupa ubuntu pada performanya. Namun, keajaiban yang sebenarnya adalah bagaimana masing-masing dari mereka membangun platform baru di atas platform linux lama. So. Baik Linux Mint dan Zorin OS hadir dengan nuansa dan setrum yang berbeda. Meskipun keduanya sangat user-friendly dan powerfull, ada beberapa perbedaan utama di antara keduanya. Inilah keindahan dalam OS Linux yang tidak dimiliki OS komersil seperti Windows dan MacOS. Jadi, mulai dari mana?

– Kita mulai dari “Kepopuleran”
Dalam hal popularitas, ada perbedaan besar. Menurut Distrowatch.com, Linux Mint (disebut Mint), selalu berada di 5 distro Linux paling populer. Pada Zorin OS (disebut sebagai Zorin), masih stuk di di kisaran 15 besar.

– Kedua Lingkungan dekstop
Lingkungan desktop adalah salah satu komponen inti yang menjadi dasar pengalaman pengguna. Baik Zorin OS dan Linux Mint menampilkan beberapa lingkungan desktop yang paling khas masing-masing. Linux Mint mengandalkan desktop Cinnamon, XFCE dan MATE. Desktop Cinnamon sendiri adalah merek dagang dari Linux Mint. Adapun, Pada Zorin OS, lingkungan desktop yang terkenalnya: GNOME. Namun, ini adalah versi GNOME yang sangat disesuaikan dan berkesan gaya Windows / macOS. Tidak hanya itu; Zorin OS adalah salah satu distro Linux yang paling dipoles di dunia per Linux-an.

Bagian terbaiknya adalah, pengguna dapat mengubah kedua lingkungan desktop sesuai dengan keinginan masing-masing. Jika user melakukan sedikit riset tentang Linux, mereka setidaknya pernah dengar bahwa ekosistem Linux tidak dikenai biaya? Nah, beberapa perangkat lunak dalam ekosistem Linux ada yang membutuhkan biaya. Linux Mint ini, seperti halnya sebagian besar ekosistem Linux, gratis dan open-source. Siapapun dapat melihat kode sumber Linux Mint sekarang di GitHub!

Tapi, dalam kasus Zorin OS, ceritanya berbeda bro. Inti dari Zorin OS pada dasarnya gratis dan open-source. Kita bisa saja dapat memeriksa Zorin OS di GitHub. Ini tidak lebih dari rasa khusus campuran Ubuntu dan GNOME. Namun, di Zorin ini ada versi berbayar: ambil contoh Zorin OS Ultimate. Versi berbayar dari Zorin OS adalah untuk mendukung pengembangan proyek. Sebagai gantinya, Zorin OS Ultimate menjanjikan lebih banyak fitur langsung. Selain itu, tata letak desktop premium seperti macOS, GNOME, dan Ubuntu, dll. Eksklusif untuk Zorin OS Ultimate.

– Masalah Komunitas
Dalam hal dukungan komunitas, Linux Mint adalah pemenang yang jelas di sini. Linux Mint jauh lebih populer daripada Zorin OS. Lebih lama manggung, lebih punya basis fans, Ini juga berarti dukungan komunitas di Linux Mint akan datang lebih cepat, termasuk selesaikan masalah pada program, komunitas akan menjawabnya. Dalam kasus Zorin OS, komunitas ini tidak sebesar Linux Mint. Waau begitu Zorin OS secara keseluruhan sangat stabil. Namun, jika menghadapi masalah apa pun pemakai akan banyak kesulitan untuk bertanya jika komunitasnya senyap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Share via
Copy link
Powered by Social Snap